Ramadhan di Surabaya

hampir enam tahun saya tinggal di bilangan surabaya timur, tempat kost yang sama, masjid yang sama dan warung yang sama… entah mengapa saya masih gak ngerasa bosan, tinggal di kamar berukuran 2 x 2,5m, makan sayur lodeh tiap hari, nyamuk yang membabi buta tiap malam dan panas matahari yang gak ketulungan…

Ramadhan
kali ini udah agak beda, yah mungkin waktu siang hari banyak saya habiskan di kamar kali yak, beda banget waktu 2 atau 3 tahun lalu.. dimana saya harus kerja keras, banting tulang beneran.. siang-siang ngerjain tugas web di hostnesia, sore sampe malemnya ngajar anak les.. jangankan untuk kuliah, untuk sholat tarawih di masjid aja kadang2 gak ada waktu..

Masjid di pinggir jalan depan juga menyimpan sejuta kisah yang tak mungkin saya lupakan.. sewaktu masih jadi mahasiswa dan belum padat ngajari lesnya.. masjid itu bagaikan malaikat penyelamat uang saku saya waktu bulan puasa..

 bagaimana tidak, setiap hari disana ada buka gratis.. nasinya berasal dari para warga kampung sekitar dan yang paling unik, jika kamu berbuka puasa disana, kamu harus menghabiskan nasi bungkus itu dari adzan dimulai sampai adzannya selesai +/- 3 menitan lah (kebanyakan jamaah seh gitu, waloupun gak sedikit yang mampu menahan hawa nafsunya-maksudnya makan nasi sehabis sholat maghrib)..

Masjid megah itu sekarang masih dalam tahap pembangunan.. kalo tidak salah biayanya menelan lebih dari 2 Milyar rupiah(tau ndiri kan, harga semen sekarung lebih mahal dari harga beras), maklumlah.. Penduduk di desa ini makin padat.. dimana mahasiswanya setiap tahun selalu nambah diman yang tua-tua gak mau pindah… sejak pembangunan masjid itu sekitar setahun lalu acara buka puasa bersama sepertinya sudah tidak diadakan lagi, kaloupun diadakan lagi saya mungkin memilih menu favorit saya.. nasi sayur lodeh tempe..

Selamat menunaikan ibadah puasa yak pren.. semoga puasanya nutut ampe nanti bulan syawal..
sambil nyari yang jual paypal nyanyi dolo ah..
lebaran sebentar lagi.. pepsodent bagi2 hadiah..
Ramadhan di Surabaya Ramadhan di Surabaya Reviewed by blogspot on 02.45.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.